Sharing File pada Jaringan

Oke bro! Whatz up? Doing good? Nah, sekarang kita mau coba untuk sharing file pada jaringan. Artikel sebelumnya kan kita udah bisa bikin jaringan sekarang kita mau membuat file lain dikomputer kita bisa dishare sama komputer lain. Apa gunanya? Banyak banget ... salah satunya adalah untuk file transfer ... Nah, ini yang lo perluin brothers ...

1. komputer yang sudah terinstalasi jaringan (klo lupa lihat artikel Merancang Jaringan bro)
2. udah itu aja =)

Langkah-langkahnya :

A. Tentuin File

File apa yang mau dishare? Terserah lo bro ... Dalam contoh ini gw akan share sebuah folder, yaitu folder metal. Setelah kita tentuin filenya, klik kanan folder tersebut dan pilih "share and security". Trus lo beri ceklis bagian sharing this folder on the network". Dibawahnya ada pilihan "allow network users to change my files". Klo lo ceklis berarti lo memberikan hak akses lebih pada user lain seperti untuk menghapus dan menambahkan file pada folder lo. Pada contoh ini gw kasih ceklis semuanya. Klo udah lo klik ok br! Ini screen shotnya bro :




Nah, klo berhasil, icon foldernya jadi ada gambar tangannya kaya gini bro :



B. Udah Selesai =p

Udah selesai? Iya udah ... gampang kan? Sekarang lo buka explorer dan pilih My Network Places. Folder metal udah ada deh didalam network sehingga folder tersebut bisa diakses di dalam jaringan. Ini mirror explorernya :



Udah selesai deh bro ... gampang banget kan? Ikutin artikel selanjutnya ya bro, yaitu sharing printer pada jaringan.

0 komentar: